Kakao

Sebagai penghasil kakao terbesar ketiga dunia, Indonesia diharapkan dapat merespon permintaan global yang terus meningkat. Indonesia merupakan penghasil kakao terbesar ketiga di dunia. Namun demikian cara produksi, manajemen lahan, dan pengolahan yang masih tradisional dinilai sebagai penghambat. Di sisi lain, regulasi telah memungkinkan didirikannya perusahaan pengolahan kakao baru secara lokal sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani khususnya.

PRISMA bekerja sama dengan mitra dan para pelaku pasar terkait dalam usaha meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani melalui berbagai upaya praktek tata pertanian yang baik mulai dari pengadaan input pertanian berkualitas tinggi, perawatan, perlindungan tanaman, manajemen lahan hingga pengolahan dan pelayanan yang lebih luas terkait produk kakao.

Dengan berbagai inovasi yang ditawarkan PRISMA dan mitranya, pada akhir 2018 sebanyak 298 rumah tangga pertanian kecil di sektor kakao mengalami peningkatan produktivitas dan pendapatan khususnya di provinsi Papua .

PRISMA tidak lanjut bekerja pada sektor ini, atas dasar hasil analisa pencapaian per semesternya.