Sapi Perah

Di Indonesia, permintaan terhadap susu dan produk olahan susu lainnya yang diproduksi secara domestik mengalami peningkatan. Meski demikian, peternakan susu di Indonesia menghadapi tantangan produktivitas, di mana total produksi hanya mencapai 0,93 juta ton, atau 20% dari total permintaan susu nasional. Hal ini diakibatkan rendahnya kualitas pakan, pemahaman akan kesehatan hewan ternak, manajemen pengembangbiakan, serta penanganan pasca pemerahan.

ARISA bekerja sama dengan sektor swasta dan lembaga riset/universitas memberi pelatihan praktik produksi yang baik dan pengawasan terhadap input, sarana dan prasarana untuk membantu pengembangan sektor sapi perah. Kegiatan yang dilakukan termasuk pengenalan jenis pakan baru, praktik manajemen persediaan dan pemberian pakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas susu di peternakan sapi perah Jawa Timur.

Di fase kedua, PRISMA akan terus mengembangkan sektor peternakan susu melalui intervensi untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas susu, serta akses kepada input dan pasar bagi peternak sapi perah hingga menjangkau provinsi lainnya di area kerja program.


Per Desember 2020

0

IDR 0bn