Kacang Hijau

Permintaan domestik kacang hijau mencapai 288.741 ton per tahun. Namun di sisi lain, tren hasil panen yang menurun dan produktivitas yang tumbuh melambat rata-rata hanya mencapai 1 ton per hektar akibat dari kurang tersedianya bibit unggul, dan praktik pertanian yang masih tradisional menuntut adanya inovasi teknologi dan produksi pertanian kacang hijau.

Untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani, PRISMA bekerja sama dengan sektor swasta dan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) untuk mempromosikan penggunaan bibit unggul (Varietas Vima) yang lebih produktifdanpenerapan praktik pertanian yang baik.

Dengan inovasi yang ditawarkan, hingga Desember 2018 sebanyak 503 rumah tangga pertanian kecil di Jawa Timur, NTB, dan NTT berhasil merasakan peningkatan pendapatan hingga 218,7 juta rupiah.

Di fase kedua, PRISMA bekerja sama dengan perusahaan benih termasuk pembenih lokal untuk mempromosikan penggunaan benih kacang hijau varieats unggul untuk semakin banyak mitra untuk dapat menjangkau dan memberikan manfaat lebih banyak lagi ke petani kecil.


Per Juni 2020

17,297

IDR 8bn