Perbedaan saluran informasi mempengaruhi level penggunaan pakan ternak di Jawa Timur dan Jawa Tengah

Sebuah studi pasar yang dilakukan oleh PRISMA dan RAD Research pada Februari 2021 mengungkapkan bahwa Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang masing-masing mencakup hampir 40 persen dari populasi sapi potong di Indonesia, menggunakan jumlah pakan konsentrat yang sangat berbeda dalam ternak mereka. 70 persen peternak di Jawa Timur telah memberi makan ternaknya dengan pakan konsentrat dalam 12 bulan terakhir, sedangkan di Jawa Tengah hanya 30 persen peternak yang menggunakan pakan konsentrat.

Perbedaan ini dapat dijelaskan oleh perbedaan cara peternak memperoleh informasi mengenai pilihan pakan ternak. Studi ini menunjukkan bahwa sumber utama informasi bagi peternak sapi potong di Jawa Tengah adalah perwakilan penjualan pakan (23 persen), tetapi di Jawa Timur, hampir 80 persen, atau hampir semua peternak, masih mendapatkan informasi pakan dari sesama peternak.

Hasil studi ini memberikan informasi yang dapat digunakan produsen pakan untuk menyesuaikan kegiatan pemasaran dan pendampingan mereka guna meningkatkan akses peternak ke pakan ternak berkualitas. Hal ini juga akan mempengaruhi angka penjualan para produsen pakan.