PRISMA Pitching Forum: Memperkuat Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19, agribisnis di Indonesia menghadapi tantangan dalam melakukan pemasaran akibat ketergantungan mereka pada interaksi dengan para petani yang dilakukan secara langsung melalui kegiatan lapangan. Melalui sebuah survei internal, PRISMA menemukan 23 dari 32 mitra usaha pertanian mengalami kesulitan dalam mengembangkan strategi pemasaran online secara efektif dan efisien yang dapat dikonversi menjadi peningkatan penjualan. Situasi ini menjadi kekhawatiran bagi para agribisnis untuk mempertahankan penjualan produk dan memenuhi target di masa pandemi.

Menyikapi hal ini, PRISMA mengadakan “Marketing Communications Services Pitching Forum” pada tanggal 14 Mei 2020. Tujuan dari forum ini adalah untuk berbagi informasi mengenai penggunaan online platform untuk menjangkau petani dan mempromosikan berbagai jasa yang ditawarkan oleh perusahaan pemasaran dan komunikasi (marketing communications/marcomm).

Narasumber dalam forum ini adalah para ahli dari tiga perusahaan marcomm, yaitu: 1) RAD Research, sebuah perusahaan riset pasar yang memiliki spesialisasi pada pengumpulan dan analisis data dari target konsumen dan; 2) Teman Dekat Marcomm, 3) Robagu Kreasi, keduanya merupakan perusahaan pemasaran dan komunikasi yang menawarkan berbagai jasa, termasuk pengembangan strategi dan pelaksanaan kegiatan pemasaran. Forum ini berhasil menarik 127 peserta dimana lebih dari setengahnya berasal dari 37 perusahaan pertanian yang bekerja di Indonesia.

Salah satu hasil dari forum ini adalah ketertarikan agribisnis untuk bekerja secara langsung dengan para narasumber dalam mengembangkan strategi pemasaran yang dapat mengedukasi petani serta meningkatkan penjualan produk perusahaan secara bersamaan. Berbagai jasa marcomm sekarang menjadi banyak diminati, termasuk strategi kampanye sosial media, pelatihan pemasaran untuk petugas lapangan, pembuatan konten untuk promosi online, analisis penggunaan online platform di kalangan petani, dan sebagainya.

PRISMA senantiasa akan memfasilitasi kemitraan yang diharapkan dapat memperkuat performa pemasaran dan penjualan perusahaan secara online di saat pandemi dan selanjutnya. Dengan cara ini, informasi mengenai produk-produk input berkualitas serta bagaimana cara penggunaannya dapat disampaikan kepada para petani, sehingga produktivitas pertanian dapat ditingkatkan.