Nufeed dan Pemerintah Jawa Tengah Mendukung Peternak Sapi di Masa COVID-19

Kemitraan publik dan swasta mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumberdaya guna menaikkan produktivitas serta pertumbuhan sektor pertanian terutama di tengah COVID-19. PRISMA memfasilitasi PT Nufeed Internasional Indonesia, sebuah perusahaan pakan ternak berkualitas, dan Pemerintah Jawa Tengah, untuk bekerja sama mendukung peternak sapi di masa pandemi.Kemitraan publik dan swasta mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumberdaya guna menaikkan produktivitas serta pertumbuhan sektor pertanian terutama di tengah COVID-19. PRISMA memfasilitasi PT Nufeed Internasional Indonesia, sebuah perusahaan pakan ternak berkualitas, dan Pemerintah Jawa Tengah, untuk bekerja sama mendukung peternak sapi di masa pandemi.

Kerja sama PRISMA dan Nufeed yang dimulai pada Maret 2020 awalnya berfokus pada pengembangan bisnis melalui penambahan jalur distribusi, pengembangan produk, serta penggunaan alat promosi dan edukasi guna meningkatkan pengetahuan peternak. Berbagai pembatasan terkait COVID-19, mendorong perubahan dalam ide kemitraan untuk lebih fokus membantu peternak di masa pandemi. Penyebaran COVID-19 yang luas dan risiko penularan yang tinggi bagi peternak sapi, khususnya di Jawa Tengah yang merupakan target kerja Nufeed, sangat berpotensi untuk mengganggu kegiatan peternakan, sehingga menurunkan pendapatan para peternak.

Untuk menanggapi COVID-19, PRISMA dan PT Nufeed International Indonesia telah bekerja sama untuk mengembangkan poster untuk mengedukasi peternak mengenai cara beternak sapi perah yang sesuai dengan protokol COVID-19. Poster tersebut mencakup informasi tentang empat bidang termasuk praktik yang baik dalam memerah susu dengan tetap menjaga jarak sosial dan keamanan hayati, serta protokol untuk lokasi pengumpulan susu. Menyadari peran penting pemerintah di Jawa Tengah, sebagai pemberi layanan kesehatan bagi 50% peternak di provinsi ini, PRISMA memfasilitasi kerja sama antara Nufeed dengan Pemerintah Jawa Tengah.  Pemerintah Jawa Tengah melalui staf Dinas Peternakan di Semarang, Salatiga, Magelang, Boyolali, Wonosobo, dan Banyumas memberikan dukungan untuk menyebarluasan lebih dari 1.300 poster dan memberikan pendampingan kepada koperasi, pengumpul susu, kelompok ternak, industri pengolahan susu, dan peternak dalam menerapkan praktik peternakan sapi perah yang baik.

Selanjutnya, Nufeed dan Pemerintah Jawa Tengah sepakat bermitra untuk meningkatkan kapasitas petugas Kesehatan Hewan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal. Nufeed juga telah menyatakan kesediaannya untuk mendukung petugas Kesehatan Hewan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan penggunaan pakan ternak yang berkualitas demi produktivitas susu yang semakin meningkat.