KJUB Puspetasari Mendukung Kontes Ternak di YouTube untuk Berinteraksi dengan Peternak di tengah Pandemi

Penerapan pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 membawa berbagai dampak terhadap performa bisnis di seluruh sektor, termasuk peternakan. Selain terhambatnya proses transportasi dan distribusi, berbagai kebijakan terkait pandemi juga membuat aktivitas promosi dan pemasaran menjadi lebih terbatas.

Kondisi ini dirasakan oleh salah satu mitra PRISMA, KJUB Puspetasari sebuah produsen pakan konsentrat sapi berkualitas dengan merek Nutrifeed. Pembatasan sosial menghambat staf pemasaran perusahaan untuk melakukan kunjungan dan mengadakan kegiatan promosi di lapangan. Banyaknya acara kontes sapi yang ditunda atau dibatalkan di berbagai daerah akibat pandemi mengilhami kolaborasi antara KJUB Puspetasari dan pengelola akun YouTube Kontes Sapi Online, yang sudah memiliki banyak penonton dan beragam konten mengenai peternakan sapi .

Kolaborasi ini menghasilkan sebuah kontes sapi daring yang diadakan di bulan Agustus 2020 melalui kanal YouTube. Acara ini terbuka untuk pemilik sapi dan calon peserta dapat mendaftar dan mengirimkan video sapi jantan maskot mereka untuk dilombakan. Tiga pemenang dipilih berdasarkan jumlah poin (satu poin plus dari setiap suka, dan minus satu poin dari setiap tidak suka) yang diterima dari para penonton video di YouTube dalam rentang waktu 17 hari (3-20 Agustus 2020).

Sebanyak 74 kontestan mengikuti acara ini dan seluruh video yang diunggah disaksikan sebanyak 707.744 kali oleh penonton di YouTube selama kontes berlangsung. Sebelas dari 74 peserta merupakan pelanggan pakan Nutrifeed dan salah satu dari pelanggan tersebut, yaitu Kombang dari Pekalongan dinobatkan menjadi juara kedua dengan total poin sebesar 30.229.

Selain mendorong motivasi pemilik sapi, acara kontes sapi daring ini turut membantu KJUB Puspetasari dalam memperkenalkan penggunaan pakan konsentrat serta meningkatkan pemasaran produknya. Dari setiap video yang diunggah, logo Nutrifeed muncul dan diikuti dengan penampilan deskripsi produk serta jingle Nutrifeed di akhir video. Strategi promosi ini tidak hanya membuat produk Nutrifeed semakin dikenal di kalangan peternak, namun juga meningkatkan kepercayaan peternak terhadap produk Nutrifeed. Banyak peternak atau calon pelanggan yang menghubungi Nutrifeed melalui WhatsApp atau telpon secara langsung sejak kontes berlangsung hingga saat ini.

Melalui kemitraan dengan PRISMA, KJUB Puspetasari berupaya mengembangkan promosi secara digital - salah satunya menggunakan media sosial, seperti Facebook, YouTube dan Website. Penggunaan media sosial tidak hanya membantu KJUB Puspetasari dalam melaksanakan promosi selama pandemi, namun juga mempermudah jangkauan dan membangun relasi dengan peternak. Selain menguntungkan perusahaan untuk bertahan di situasi pandemi, peternak juga turut mendapatkan manfaat melalui proses pertukaran informasi serta kemudahan akses memperoleh pakan berkualitas guna menjaga produktivitas ternak.