Pembelajaran dari Strategi Pengarusutamaan Gender Pelaku Pasar Pertanian di Asia Tenggara

50% angkatan kerja pertanian di Asia Tenggara adalah perempuan. Sayangnya, sebagian besar dari mereka masih menghadapi tantangan struktural akibat akses yang lebih rendah ke sumber daya dan layanan, ditambah dengan hambatan yang lebih tinggi dari batasan norma budaya dan sosial.

PRISMA, Grow Asia, Mars, dan East-West Seed bergabung dalam webinar "Pengarusutamaan Gender dalam Rantai Nilai Agri di Asia Tenggara" pada 24 Februari 2021 untuk menyoroti peluang dalam mendorong pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui peningkatan partisipasi perempuan di sepanjang rantai nilai pertanian. Webinar ini menyajikan gambaran umum tentang konsep pengarusutamaan gender dan penerapan praktisnya di sektor pertanian, dilengkapi oleh berbagai contoh dari penjuru kawasan.

Dalam acara tersebut, spesialis gender PRISMA Nisa Usman dan Maryam Piracha membahas cara PRISMA menjalankan inklusi gender dan pendekatan pemberdayaan perempuan untuk mendorong bisnis yang inovatif. PRISMA mengembangkan model bisnis inklusif untuk meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan perempuan sekaligus menunjukkan manfaat komersial dari keterlibatan perempuan dalam bisnis. Model bisnis yang dijalankan oleh PRISMA, seperti model agen lapangan perempuan, membantu memastikan dampak berkelanjutan di seluruh rantai nilai pertanian, termasuk bagi petani dan mitra bisnis.

Dalam webinar ini, Grow Asia sekaligus meluncurkan laporan “Pengarusutamaan Gender dalam Rantai Nilai Agri di Asia Tenggara”. Laporan tersebut menjabarkan pembelajaran dan praktik terbaik dari mitra Grow Asia - termasuk PRISMA, Mars, dan East-West Seed - dalam mengembangkan dan mempertahankan pengarusutamaan gender di organisasi, dalam rantai nilai serta komunitas petani.

Temuan menunjukkan tren yang menggembirakan. Dengan menerapkan pengarusutamaan gender dalam pekerjaan mereka, organisasi dapat mencapai peningkatan keuntungan, meningkatkan kinerja dan reputasi eksternal sehingga menaikkan produktivitas dan efisiensi dalam organisasi, serta memperluas kesempatan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan sekaligus mengurangi risiko pekerja anak.

Klik di sini untuk menonton rekaman webinar dan di sini untuk mengunduh laporan.