PRISMA Bermitra dengan PT. Sumber Unggas Indonesia untuk Mempromosikan Bibit Ayam Kampung Berkualitas di Nusa Tenggara Timur

Tangerang Selatan, 18 September 2019 – PRISMA menandatangani perjanjian kemitraan (partnership agreement) dengan PT. Sumber Unggas Indonesia (PT. SUI), perusahaan penetasan ayam kampung unggul terbesar di Indonesia.

Fokus dari kemitraan adalah untuk menjawab kenaikan permintaan terhadap ayam kampung berkualitas di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kenaikan permintaan ini dipicu oleh sektor pariwisata setempat yang meningkat secara pesat dan adanya kampanye peningkatan gizi oleh pemerintah untuk mengurangi angka stunting pada anak.

Sebagai tindak lanjut, PRISMA membantu PT. SUI dalam mempromosikan jenis ayam kampung berkualitas di NTT dengan memperkenalkan dua jenis Day-Old Chick (DOC): Kampung Unggul Balitnak (KUB) dan Sentul Terseleksi (Sensi). PRISMA selanjutnya memfasilitasi pengurusan izin PT. SUI untuk menjual DOC di NTT.

Disertifikasi oleh Balai Penelitian Ternak (Balitnak), kedua jenis DOC milik PT. SUI terbukti memiliki produktivitas telur dan pertumbuhan yang lebih baik daripada ayam kampung pada umumnya. Selain itu, DOC milik PT. SUI juga memiliki tingkat imunitas yang tinggi terhadap penyakit, sehingga tingkat kematiannya yang kecil dapat menguntungkan bagi rumah tangga peternakan kecil.

PRISMA juga memfasilitasi PT. SUI dalam mengadakan serangkaian kegiatan promosi yang melibatkan berbagai pemain pasar di sektor unggas, termasuk pemerintah daerah, toko pakan unggas, pedagang, peternak, serta pihak-pihak lainnya.