Kolaborasi Merupakan Kunci dalam Mencapai Sustainable Development Goals untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Menurunkan Kesenjangan

Jakarta, 9 Oktober 2019 – “Kolaborasi adalah kunci untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs),” ucap Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla ketika membuka the Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference 2019 di Jakarta. Menyoroti tema konferensi “Kelautan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Menurunkan Kesenjangan,” Bapak Wakil Presiden menekankan pentingnya menjaga laut kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyampaikan, “Lautan dan ekosistemnya yang terjaga dapat mendukung penghapusan kemiskinan global. Hal ini dapat dilakukan melalui kerja sama antarpihak baik di dalam negeri maupun dengan negara lain.”

Di kesempatan terpisah, Robert Brink, Konselor Efektivitas dan Keberlanjutan Pembangunan dari Kedutaan Australia di Jakarta menyampaikan, “Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi di sektor kelautan yang sangat besar. Pemerintah Australia bekerja dengan Pemerintah Indonesia untuk dapat mencapai Sustainable Development Goals bersama-sama dengan mengembangkan sektor kelautan secara berkelanjutan. Melalui kemitraan yang kami bangun dengan berbagai pihak, kami berharap laut dapat dikelola dengan baik. Sehingga, manfaat bisa disebarkan ke segala penjuru lautan – tidak hanya bagi pihak yang terlibat, namun masyarakat dan ekosistem laut yang hidup di dalamnya.”

Seusai menyampaikan sambutan, Wakil Presiden Jusuf Kalla, diiringi oleh Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengunjungi booth Kemitraan Australia-Indonesia. Sejalan dengan tema konferensi, booth Kemitraan Australia-Indonesia menampilkan hasil kerja ketiga program – PRISMA, MAMPU, dan KOMPAK – dalam mengembangkan sektor kelautan di Indonesia secara berkelanjutan.