Webinar: Bisnis Inklusif Sebagai Solusi Bisnis yang Berkelanjutan

Pendekatan bisnis yang inklusif merupakan solusi untuk pertumbuhan ekonomi, perkembangan sektor swasta dan pengentasan kemiskinan. Praktik bisnis inklusif sebagai solusi bisnis yang berkelanjutan di sektor pertanian adalah pesan kunci dalam forum diskusi online pada 20 Mei 2020 yang didukung oleh PRISMA.

Forum tersebut memperkenalkan pembangunan sistem pasar (market systems development/MSD), sebuah pendekatan bisnis inklusif yang mempromosikan kolaborasi antarpemangku kepentingan yang bertujuan untuk menyalurkan manfaat bagi seluruh aktor pasar, termasuk petani kecil dan masyarakat, serta bisnis dan pemerintahan. Sejak 2013, pendekatan MSD telah sukses diimplementasikan oleh Pemerintah Indonesia dan Australia pada sektor pertanian melalui PRISMA.

Disampaikan oleh Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas, Anang Nugroho, “Kami sedang mengujicoba pendekatan baru dalam pengembangan ekonomi daerah dengan membangun kapasitas petani kecil melalui fasilitasi dari pemain pasar yang didukung oleh PRISMA.” Anang melanjutkan, “Pemerintahan yang bagus pada sistem pangan nasional merupakan hal yang krusial dalam menumbuhkan perekonomian yang didukung oleh sektor pangan dan pertanian yang kuat. Kemitraan antarpemangku kepentingan diperlukan dalam upaya ini.”

Lulu Wardhani dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia di Indonesia menjelaskan mengenai fungsi dari MSD secara lebih lanjut, “MSD merupakan sistem pembangunan ekonomi inklusif yang menekankan pada analisis di akar permasalahan dan manfaatnya bagi seluruh aktor pasar serta pengentasan kemiskinan yang dilakukan secara berkelanjutan.”

Sebanyak 281 peserta mengikuti webinar ini, termasuk perwakilan pemerintah, praktisi dari sektor bisnis dan pembangunan, serta para akademisi. Hadir sebagai narasumber adalah Devin Marco dari PRISMA, Soedjana dari Balitbangtan, Andre Daud dari Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, dan perwakilan dari tiga mitra PRISMA, Muhammad Burmansyah dari Pupuk Kalimantan Timur, Febroni Purba dari Sumber Unggas Indonesia, and Regi Patrizia dari KJUB Puspetasari.

Webinar ini diselenggarakan oleh Yayasan CBC Indonesia, Asosiasi Peternak Indonesia, KADIN Indonesia dan didukung oleh PRISMA dan PisAgro. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya praktik bisnis inklusif yang dijalankan melalui MSD dan meningkatkan kolaborasi supaya sistem pasar dapat berjalan lebih baik dan menguntungkan bagi seluruh pihak.