Mitra Kami

PT Agri Tekno Karya (HARA)

HARA adalah aplikasi pertukaran data berbasis blockchain untuk sektor pangan dan pertanian. HARA bekerja sama dengan PRISMA untuk meningkatkan proses pembayaran kredit dengan menghubungkan petani dengan petani lain di sektor pertanian melalui pertukaran data digital.


PT BISI International Tbk

BISI adalah produsen benih hibrida untuk tanaman jagung, padi, buah dan sayur. Di sektor keuangan, BISI bermitra dengan PRISMA dalam peningkatan akses kepada pembiayaan pertanian. Di sektor jagung, BISI dan PRISMA berupaya meningkatkan alur informasi budidaya jagung melalui kerjasama antar pihak dengan melibatkan off-taker dan koperasi.


Corteva Agriscience (PT DuPont Indonesia)

Corteva berfokus pada keseimbangan dan keberagaman benih, perlindungan tanaman, dan memberikan hasil layanan digital. Corteva dan PRISMA melanjutkan kemitraan dari tahap 1 untuk mempromosikan benih jagung hibrida berkualitas tinggi, praktik pertanian, dan teknologi yang lebih baik untuk meningkatkan hasil panen di Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT dan NTB.


PT Crowde Membangun Bangsa

CROWDE adalah platform teknologi pembiayaan pertanian melalui skema crowdfunding. Kerjasama Crowde dengan PRISMA bertujuan meningkatkan akses petani terhadap pembiayaan pertanian melalui produk pembiayaan yang inovatif.


PT East West Indonesia (EWINDO)

Ewindo menawarkan layanan terintegrasi meliputi produksi, distribusi dan pemasaran benih Cap Panah Merah. Di sektor kacang hijau, Ewindo dan PRISMA bekerjasama dalam komersialiasasi benih berkualitas untuk meningkatkan produktivitas petani. Di sektor irigasi, kerjasama antara PRISMA dan Ewindo mempromosikan penyediaan sistem irigasi yang lebih efektif untuk petani pembibitan.


PT Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk

Garudafood adalah produsen makanan ringan kacang tanah terbesar di Indonesia. Garudafood bermitra dengan PRISMA untuk mempromosikan offtake melalui skema kemitraan langsung dengan kelompok/kesatuan petani polong basah dan kacang tanah lokal.


KJUB (Koperasi Jasa Usaha Bersama) Puspetasari

KJUB Puspetasari adalah perusahaan pakan (dari merek Nutrifeed) yang ahli dalam penggemukan ternak dan produksi susu. KUJB Puspetasari bermitra dengan PRISMA untuk mempromosikan pakan konsentrat khusus ternak dan praktik pemeliharaan yang baik untuk meningkatkan produktivitas ternak.


PT Pupuk Kalimantan Timur

PKT adalah perusahaan pupuk dan produk agro-kimia milik negara. PKT bermitra dengan PRISMA untuk mempromosikan pupuk komersial berkualitas tinggi dan ahli dalam pemupukan.


CV Semi

CV Semi adalah pembibitan benih kacang hijau, memproduksi benih kacang hijau bersertifikat (varietas Vima). CV Semi telah bermitra dengan PRISMA untuk mempromosikan benih kacang hijau bersertifikat dan praktik pertanian yang baik.


PT Sumber Unggas Indonesia (SUI)

SUI adalah perusahaan penetasan ayam kampung unggul terbesar di Indonesia. PRISMA memberikan dukungan kepada PT. SUI dalam mempromosikan ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) di NTT.


PT Agricon Indonesia

Agricon adalah perusahaan di bidang produksi, formulasi dan distribusi produk agrokimia. Agricon bekerjasama dengan PRISMA untuk meningkatkan kapasitas dan strategi pemasarannya, serta memberikan edukasi kepada petani mengenai praktik perlindungan tanaman yang baik/ Good Crop Protection Practice (GCP).


PT Agrosid Manunggal Sentosa/PT Primasid Andalan Utama

Agrosid-Primasid adalah 2 perusahaan di bawah satu grup yang bergerak di bidang produksi dan distribusi benih hibrida, pupuk serta bio-pestisida. Melalui kerjasama dengan PRISMA, Agrosid-Primasid berupaya meningkatkan penetrasi pasar benih padi hibrida.


PT Bina Guna KImia

Bina Guna Kimia adalah perusahaan Joint Venture FMC Corporation di Indonesia. Perusahaan agrokimia ini memproduksi pestisida dan pupup. Kerjasama Bina Guna Kimia dengan PRISMA berfokus pada inovasi strategi pemasaran untuk meningkatkan adopsi pestisida secara selektif, aman dan bertanggungjawab.


PT Ditant Brinanta Jaya

Ditant adalah perusahaan off-taker pertanian untuk komoditas jagung. Ditant bekerjasama dengan PRISMA, Koperasi Swasti Sari dan BISI untuk meningkatkan alur informasi kepada petani jagung di NTT.


CV Fermen Hipro Feed

Fermen Hipro Feed adalah produsen pakan konsentrat berkualitas. Fermen Hipro bermitra dengan PRISMA untuk promosi pakan sapi khusus untuk penggemukan dan pembiakan.


PT Panca Patriot Prima

Panca Patriot Prima adalah perusahaan produsen pakan ternak untuk babi, sapi, ikan dan unggas. Kerjasama Patriot dengan PRISMA bertujuan mempromosikan pakan babi berkualitas, serta meningkatkan akses terhadap informasi praktik peternakan yang baik di NTT.


PT Rekan Usaha Mikro Anda/RUMA (Gojek Group)

RUMA (Gojek Group) memiliki program andalan, Arisan Mapan, yang menawarkan produk-produk inovatif bagi masyarakat perdesaan Indonesia melalui aktivitas Arisan berbasis digital. RUMA dan PRISMA berkolaborasi untuk menjangkau segmen pasar perdesaan yang lebih luas, antara lain dengan diperkenalkannya katalog produk pertanian.


PT Rutan

Rutan adalah perusahaan importir mesin pertanian, mulai dari tahap pra hingga pasca panen. Melalui kerjasama dengan PRISMA, Rutan mulai menggeser fokus dari pasar pemerintahan ke pasar komersial. Rutan memperkenalkan produk-produk baru dan strategi pemasaran yang mengintegrasikan pendekatan berorientasi pelanggan. Rutan dan PRISMA bertujuan meningkatkan penetrasi wilayah Rutan di Pulau Jawa untuk dapat meningkatkan akses petani terhadap mesin pertanian.


PT Sreeya Sewu Indonesia, Tbk

Sreeya (dahulu Sierad) adalah perusahaan terintegrasi untuk produk berbasis unggas. Sreeya bekerjasama dengan PRISMA untuk meningkatkan pasar di NTT, dengan tujuan meningkatkan penjualan sekaligus akses peternak terhadap pakan berkualitas. Kerjasama ini juga berupaya meningkatkan pengetahuan peternak dalam praktik peternakan yang baik.


PT Sinar Indochem

Sinar Indochem adalah produsen pakan babi dan unggas komersial dengan merk dagang Starfeed. Intervensi dengan PRISMA berupaya untuk meningkatkan pasar Starfeed di NTT, serta pengetahuan peternak NTT mengenai praktik pemberian pakan dan peternakan yang baik.


CV Sinar Terang Madani

Sinar Terang Madani (STM) adalah produsen dari pakan babi Perkasa. STM bermitra dengan PRISMA untuk memperluas jaringan distribusi di NTT, baik untuk meningkatkan penjualan maupun untuk memastikan ketersediaan suplai pakan di NTT.


KOPDIT Swasti Sari

Swasti Sari adalah koperasi perkreditan nasional yang berpusat di NTT, dan merupakan salah satu koperasi terbesar di NTT. Kerjasama antar pihak antara Ditant, PRISMA, Swasti Sari dan BISI berupaya meningkatkan alur informasi kepada petani jagung di NTT.


PT Syngenta Indonesia

Syngenta adalah perusahaan multi-nasional yang fokus pada produksi dan distribusi benih serta perawatan tanaman. Syngenta bekerjasama dengan PRISMA untuk mempromosikan benih hibrida dan praktik pertanian yang lebih baik.


PT Tanijoy Agriteknologi Nusantara

Tanijoy adalah perusahaan Finceth yang fokus pada pinjaman Peer to Peer (P2P) di bidang pertanian. Perusahaan ini bertujuan menjangkau lebih banyak petani sekaligus pemberi pinjaman. Tanijoy bermitra dengan PRISMA untuk menyediakan akses pembiayaan pertanian kepada aktor-aktor pasar pertanian.


CV Saprotan Utama

Saprotan adalah perusahaan produsen dan distributor agri-input. Saprotan bekerja dengan PRISMA untuk mempromosikan penggunaan pupuk komersial berkualitas serta memberikan edukasi kepada petani mengenai penggunaan pupuk yang efektif dan efisien.


UD Munir Jaya

Munir Jaya memproduksi pakan konsentrat untuk hewan ternak. Melalui Kerjasama dengan PRISMA, perusahaan ini mempromosikan pakan konsentrat sapi yang khusus untuk meningkatkan produktivitas.


UD Sumber Rejeki

Sumber Rejeki adalah produsen pakan ternak konsentrat dengan 3 merk dagang. Melalui Kerjasama dengan PRISMA, perusahaan ini mempromosikan pakan konsentrat sapi yang khusus untuk meningkatkan produktivitas.


PT UPL Indonesia

UPL adalah perusahaan yang memproduksi, formulasi dan distribusi produk agrokimia. Melalui Kerjasama dengan PRISMA, UPL meningkatkan audit pemasaran serta strategi pengolahan air dan produk persisida berbahan multi-aktif. Intervensi ini juga menyasar edukasi praktik perlindungan tanaman yang baik kepada petani.


Seger Group

Seger adalah pedagang besar komoditas pangan. Intervensi Seger dan PRISMA bekerja untuk meningkatkan akses off-taker terhadap petani di daerah terpencil melalui asesmen di lapangan, kerjasama dengan pelaku pasar baik swasta maupun pemerintah, serta dukungan peningkatan kapasitas dan optimasi penggunaan data.


PT Terra Agro Digital

Terra menyediakan layanan platform digital untuk mekanisasi pertanian, manajemen ekosistem yang mencakup investor mesin dan agen lokal, serta memberikan dukungan mekanisme pembagian keuntungan. Terra dan PRISMA memperkenalkan layanan sistem manajemen mesin pertanian.


PT Galaxy Pertani Mas

Bisnis utama GPM adalah mesin dan alat pertanian, baik besar maupun kecil. PRISMA memberikan dukungan kepada GMP berupa konsultasi strategi pemasaran online dan offline, serta fasilitasi dengan agensi pemasaran digital yang dapat mengoptimalkan strategi pemasaran online GPM.


PT Sinta Prima Feedmill

Sinta Feed adalah produsen pakan babi, ikan dan unggas. PRISMA dan Sinta Feed mempromosikan pakan berkualitas serta praktik pemberian pakan yang baik, melalui pengenalan pasar baru, penguatan strategi pemasaran online dan offline, pembentukan jaringan, serta peningkatan kapasitas.


Dr Marlene Maesang Nalley

Dr Nalley adalah seorang ahli pembibitan dan inseminasi buatan. PRISMA bekerjasama dengan Dr Nalley untuk meningkatkan kuantitas bibit babi serta manajemen pembibitan, melalui pendirian Bank Semen NTT. Kerjasama ini juga menyiapkan pusat pelatihan inseminasi buatan untuk meningkatkan kapasitas peternak babi dan dokter hewan lokal.


CV Aroma Duta Boga

Aroma bekerja untuk meningkatkan ketersediaan bibit dan manajemen pembibitan babi. Kerjasama dengan PRISMA bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembibitan babi, di tengah terbatasnya peternakan pembibitan komersial di NTT. Kerjasama ini juga meningkatkan manajemen pembibitan melalui pembuatan SOP, pelatihan, serta penggunaaan perangkat lunak untuk merekam aktivitas peternakan.


PT Kame Adonara Farm

Kame Adonara bekerja untuk meningkatkan ketersediaan bibit dan manajemen pembibitan babi. PRISMA mendukung Kame Adonara untuk meningkatkan biosekuriti demi mengantisipasi bahaya virus atau penyakit. Kerjasama ini juga meningkatkan kapasitas Kame Adonara dalam inseminasi buatan.


CV Tiba Mori Go

Tiba Mori Go bekerja untuk meningkatkan ketersediaan bibit dan manajemen pembibitan babi. PRISMA mendukung Tiba Mori Go untuk meningkatkan biosekuriti demi mengantisipasi bahaya virus atau penyakit. Kerjasama ini juga meningkatkan kapasitas Tiba Mori Go dalam inseminasi buatan.


PT NUFEED International Indonesia

NUFEED adalah perusahaan produsen pakan dan suplemen ternak. NUFEED dan PRISMA bekerjasama dalam mempromosikan pakan berkualitas bagi sapi perah melalui segmentasi pasar dan pembukaan jalur pemasaran yang baru.


Pemerintah Australia

PRISMA didukung oleh Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (Department of Foreign Affairs and Trade - DFAT)


Bappenas

PRISMA didukung oleh Pemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)


Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

PRISMA mulai bekerja di Provinsi Jawa Tengah pada Februari 2019 dengan fokus pada beberapa komoditas pertanian unggulan termasuk jagung, padi, kelapa dan sapi potong


Pemerintah Provinsi Jawa Timur

PRISMA mulai bekerja di Provinsi Jawa Timur pada Oktober 2014 dengan fokus pada beberapa sektor pertanian unggulan, termasuk jagung, sapi potong dan irigasi.


Pemerintah Provinsi NTB

PRISMA mulai bekerja di Provinsi NTB pada Oktober 2014 dengan fokus pada beberapa sektor pertanian unggulan, termasuk sayuran dan akses pembiayaan.


Pemerintah Provinsi NTT

PRISMA mulai bekerja di Provinsi NTT pada Oktober 2014 dengan fokus pada beberapa sektor pertanian unggulan, termasuk babi, jagung dan kopi.


Pemerintah Provinsi Papua

PRISMA mulai bekerja di Provinsi Papua pada Oktober 2014 dengan fokus pada beberapa sektor pertanian unggulan, termasuk rumput laut, sayuran, dan padi.


Pemerintah Provinsi Papua Barat

PRISMA mulai bekerja di Provinsi Papua pada Oktober 2014 dengan fokus pada beberapa sektor pertanian unggulan, termasuk rumput laut, sayuran, dan padi.


Dinas Pertanian Provinsi NTT

Dinas Pertanian berkolaborasi dengan PRISMA dan BPTP NTT untuk mendukung koordinasi pemerintah dan swasta dalam mempromosikan benih jagung berkualitas berdasarkan pendekatan sistem pasar dalam rangka penanggulangan kemiskinan di NTT. Kerjasama ini menghasilkan Strategi Pengembangan dan Peta Jalan sektor Jagung Provinsi NTT.


BPTP NTT

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi NTT berkolaborasi dengan Dinas Pertanian NTT dan PRISMA untuk mendukung koordinasi pemerintah dan swasta dalam mempromosikan benih jagung berkualitas berdasarkan pendekatan sistem pasar dalam rangka penganggulangan kemiskinan di NTT. Kerjasama ini menghasilkan Strategi Pengembangan dan Peta Jalan sektor Jagung di NTT, melalui berbagai intervensi berbasis pasar yang dapat memicu peningkatan pendapatan petani miskin di NTT, baik laki-laki maupun perempuan.


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Direktorat Jenderal Budidaya KKP bersama PRISMA berkolaborasi dalam peningkatan produksi dan suplai rumput laut berkualitas melalui intervensi kebijakan di tingkat nasional.


Yayasan Kalimajari

Kalimajari adalah yayasan yang berfokus pada komoditas rumput laut dan kakao dengan mengimplementasikan proyek-proyek peningkatan kapasitas, penelitian, dan bantuan teknis yang didanai oleh berbagai lembaga swasta dan umum. Kalimajari telah menjadi mitra pelaksana PRISMA di sektor rumput laut dengan mendukung kolaborasi antara pemangku kepentingan, memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan informasi tentang pengembangan pembibitan rumput laut kepada semua mitra.