Apa itu Petani Maju?
Petani yang mendapatkan akses dan menggunakan produk, layanan, serta teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan, serta membangun ketangguhan akan perubahan iklim.
Produk, layanan, dan teknologi tersebut termasuk benih padi 'cerdas iklim' (climate-smart seed) yang memerlukan lebih sedikit air dan pupuk, pakan ternak berkualitas dan terjangkau yang dapat mengurangi waktu pemeliharaan dan beban kerja perempuan, serta aplikasi teknologi finansial (fintech) dan layanan keuangan yang dapat meningkatkan produktivitas kios tani dan para petani pelanggannya.
Peningkatan produktivitas ini akan menguntungkan rumah tangga petani kecil dan masyarakat di sekitar mereka.
Studi yang dilakukan PRISMA memperlihatkan bahwa ketika pemasukan petani meningkat, mereka akan menginvestasikannya kembali untuk kegiatan pertanian, usaha, serta pendidikan anak-anak mereka, dan pada akhirnya akan memberdayakan masyarakat.
Hasil tersebut didasarkan pada survei yang melibatkan melibatkan 166 petani dari Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk menilai dampak sosial atas adanya peningkatan pendapatan (lihat hal. 12 dari laporan PRISMA berikut ini). Perlu dicatat bahwa sebagian besar responden (31%) memprioritaskan hasil dari peningkatan pendapatan untuk investasi atau reinvestasi ke dalam kegiatan ekonomi, untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari (22,5%), dan untuk pendidikan anak (8,55%). Temuan ini menggarisbawahi bahwa peningkatan pendapatan dapat memperluas kegiatan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rumah tangga serta masyarakat.
Mewujudkan petani tangguh iklim
Input dan praktik pertanian yang resilien terhadap perubahan iklim dapat mendorong produktivitas, mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan kemampuan petani dalam memitigasi fenomena cuaca ekstrem. Contohnya semisal penggunaan pupuk organik berbahan dasar mineral yang dapat meminimalisir emisi dan meregenerasi tanah. Contoh lainnya adalah benih jagung yang tahan kekeringan dan menghasilkan panen lebih banyak menawarkan solusi untuk kondisi iklim yang semakin kering dan panas.
Kampanye #PetaniMaju menjadi saluran untuk menyebarluaskan gagasan akan teknologi pertanian cerdas iklim berdasarkan pengalaman dari para pelaku usaha, sekaligus memperkenalkan produk inovatif kepada petani kecil.
Membangun pasar pertanian inklusif
Kelompok-kelompok yang terpinggirkan sering kali diabaikan sebagai konsumen yang sejatinya berhak atas produk dan jasa unggulan sekalipun mereka terlibat sepenuhnya dalam aktivitas pertanian. Kelompok agrobisnis dapat menjembatani kesenjangan ini melalui riset pasar dan menyusun strategi segmentasi pelanggan khusus.
Kampanye #PetaniMaju akan mempublikasikan pengetahuan yang dapat membekali tim pemasaran, staf lapangan perusahaan, hingga penyuluh pertanian dalam menjangkau lebih banyak petani namun secara lebih efektif. Misalnya, buku panduan untuk tim pemasaran, agronomis, dan staf lapangan ini menyediakan tips praktis bagi pelaku usaha pertanian bagaimana langkah meningkatkan akses informasi bagi petani perempuan.
Menggerakkan perubahan perilaku yang efektif
Melalui proses ini, PRISMA melakukan observasi dan mendukung mitra swasta untuk melakukan adaptasi pada strategi outreach yang dapat menggerakkan perubahan perilaku di kalangan petani dengan lebih baik. Misalnya, kami mendorong bisnis untuk beralih dari strategi penjualan jangka pendek yang hanya menekankan pada penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan, ke strategi pemasaran berbasis edukasi. Strategi ini dapat membangun kepercayaan pelanggan karena pelanggan yang lebih terinformasi cenderung lebih berhasil dan produktif, dan pada akhirnya memunculkan segmen pelanggan tetap.
Khususnya di sektor pupuk, PRISMA menemukan bahwa produsen pupuk dan distributor harus memiliki strategi pemasaran dan promosi produk yang baik. Ditandai dengan tersedianya informasi berkala mengenai praktik pertanian yang baik serta pengaplikasian pupuk dengan dosis yang tepat. Hanya dengan cara itulah petani dapat memahami manfaat penggunaan pupuk secara bijaksana dan merasakan peningkatan produktivitas.
Kampanye #PetaniMaju akan mendiseminasikan strategi perubahan perilaku spesifik pada komoditas pertanian utama yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.